logo web pa

Written by Admin on . Hits: 36

Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional Tingkat Kabupaten Jepara Tahun 2013

Pada hari Rabu 04 Desember 2013, Dharmayukti Karini Kabupaten Jepara ikut berpartisipasi dalam kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HPMI) dan Bulan Menanam Nasional (BMI) Tingkat Kabupaten Jepara Tahun 2013 yang di canangkan di Desa Bumiharjo Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara. Kegitan ini merupakan merupakan program pemerintah Kabupaten Jepara melalui Dinas Kehutanan dan perkebunan dalam rangka melakukan sosialisasi dan kampanye satu milyard pohon secara intensif. Disamping Forkompinda, hadir dalam kegiatan tersebut Perwakilan Dinas kehutanan Provinsi Jawa tengah, UPT kementereian Kehutanan RI BP DAS Pemali Jratun dan BKSDA Prov Jateng, Ketua dan Pengurus TP PKK, DWP, GOW, Sekda serta segenap pejabat dan Kepala Dinas/Instansi camat serta pimpinan organisasi lembaga serta perguruan Tinggi maupun masyarakat Desa Bumiharjo.

Foto2725

 

Bupati Jepara, Ahmad Marzuki, S.E. atas nama Pimpinan Darah menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi segenap warga masyarakat dalam acara tersebut. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa hutan adalah salah satu komponen alami penyangga kehidupan. Hutan dapat menyediakan kebutuhan pangan, ketersediaan air, sumber energi dan jasa lingkungan lainnya. Termasuk didalamnya penghasil oksigen, rekerasi dan koservasi keanekaragaman hayati. Namun kenyataannya hutan di Indonesia Khususnya wilayah Kabupaten Jepara, banyak yang rusak. Karena Jepara hanya pandai menebang pohon, namun belum pandai untuk menanam kembali.

Foto2734

 

Karena itulah pemerintah merasa prihatin ketika masih ada kawasan hutan yang belum di rehabilitasi dan di reforestasi. Adapun demikian juga patut bersyukur karena dari tahun ketahaun kerusakan hutan dan lahan terus menururn. Dimana hal ini tercapai berkat upaya bersama termasuk peran seluruh masayarakat dalam mendukung budaya menanam.

Foto2727

 

Beliau juga menambahkan bahwa penanaman pohon di Kabupaten Jepara ini, diarahkan menuju pantai. Hal ini dimaksudkan agar wilayah pantai di Kabupaten Jepara menjadi hijau sehingga diharapkan dapat meningkatkan keindahan pantai sehingga bisa berimbas pada meningkatnya tujuan wisata di Kabupaten Jepara.

Foto2729

Gerakan Penanaman satu Milyar Pohon Tahun 2013 pada dasarnya merupakan kelanjutan dari gerakan penanaman Satu Milyar Pohon yang dimulai Tahun 2010. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi sarana edukasi serta mengajak seluruh elemen pemerintahan dan elemen masyarakat untuk melakukan penanam dan pemeliharaan pohon secara berkelanjutan, guna menutup lahan dan hutan agar tidak terjadi longsor dan banjir di musim hujan. Dengan Tema tahun ini "Wariskan Hutan Yang Lebih Baik Untruk Generasi Penerus Bangsa" Target menanam minimal 1 milyar pohon untuk seluruh wilayah di Indonesia. (TIM IT PA JEPARA)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Jepara

Jl. Shima No. 18 Pengkol Jepara.

Telp: 0291-593200 
Fax: 0291-591047

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi

SIPP

Komdanas

SIKEP

SIMARI

LPSE

Info Perkara PA