Banner ZI PA Jepara


Prog Pri 2022 Badilag.1


Banner Pengaduan


on . Hits: 53

Persidangan secara Teleconference di Pengadilan Agama Jepara

 

30 Agustus 2022 Sidang Teleconference Pembatalan Nikah

 

Selasa, 30 Agustus 2022 - Pengadilan Agama Jepara meminta bantuan kepada Pengadilan Agama Purworejo untuk memfasilitasi pemeriksaan perkara pembatalan nikah. Sidang dilaksanakan secara teleconference di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Jepara. Agenda sidang pada Selasa (30/8/2022) adalah pemeriksaan terhadap Termohon 1 dan Termohon 2. Sidang dilaksanakan pada pukul 13.00 WIB. 

Pembatakan perkawinan adalah tindakan Pengadilan yang berupa putusan yang menyatakan bahwa perkawinan yang dilakukan tersebut dinyatakan tidak sah (no legal force or declared void), sehingga perkawinan tersebut dianggap tidak pernah ada (never existed).

Pembatalan perkawinan berbeda dengan pencegahan perkawinan dan perceraian. Pencegahan perkawinan merupakan tindakan yang dilakukan agar perkawinan tidak terlaksana (perkawinan belum terjadi). Perceraian adalah pembubaran perkawinan yang sah dan telah ada (perkawinan sudah terjadi) baik katas persetujuan bersama atau atas permintaan salah satu pihak.

Sedangkan pada pembatalan perkawinan, perkawinan telah terjadi namun di kemudian hari ditemukan bahwa terdapat kekurangan dalam pemenuhan persyaratan yang diatur oleh undang-undang. Dengan demikian, perkawinan tersebut mengandung cacat formil dan materiil, oleh karena itu perkawinan tersebut dapat dibatalkan.

Referensi :

Hanifah, Siti. 2018. Pembatalan Perkawinan Menurut BW dan UU Nomor 1 Tahun 1974. Diakses pada 31 Agustus 2022, dari https://www.pa-wamena.go.id/webtes/berita/berita-terkini/137-artikel/154-pembatalan-perkawinan-menurut-bw-dan-uu-nomor-1-tahun

Add comment


Security code
Refresh

Peta Lokasi Pengadilan Agama Jepara

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Jepara

Jl. Shima No. 18 Pengkol Jepara.

Telp: 0291-593200 
Fax: 0291-591047

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Facebook: Pengadilan Agama Jepara

Instagram: Pengadilan Agama Jepara

Tautan Aplikasi