4 Pilar ZI 1 web


Banner ZI PA Jepara

on . Hits: 104

Jumat, 13 November 2020. Pengadilan Agama Jepara mengikuti Desk Evaluasi Zona Integritas dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI yang dilaksanakan secara daring. Hal ini sesuai dengan Surat Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kemenpan-RB nomor: B/158/PW.03/2020 tanggal 3 Nopember 2020 perihal Pelaksanaan Desk Evaluasi Zona Integritas Tahun 2020, serta sesuai dengan Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung Nomor 11 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Desk Evaluasi Pembangunan Zona Integritas di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada di bawahnya.

P1010353

Acara Desk Evaluasi Zona Integritas dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom meeting yang bertempat di Ruang Media Center Pengadilan Agama Jepara, diikuti oleh Tim Evaluator dari Kemenpan-RB dan Pendamping dari Mahkamah Agung. Dari Pengadilan Agama Jepara diikuti oleh semua Tim Zona Integritas yang terdiri dari Ketua Pengadilan Agama Jepara Drs. H. Abdul Rahim, M.H. selaku Pembina, Wakil Ketua Zainal Arifin, S.Ag. selaku Ketua Tim Pembangunan Zona Integritas, dan Koordinator masing-masing Area Zona Integritas. Acara evaluasi dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan sedikit pengarahan dari Evaluator dan dilanjutkan dengan paparan pembangunan Zona Integritas Pengadilan Agama Jepara oleh Drs. H. Abdul Rahim, M.H.

P1010351

Dalam paparannya, disampaikan profil singkat Pengadilan Agama Jepara yang terletak di Jalan Shima Nomor 18 Kelurahan Pengkol Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara Provonsi jawa Tengah. Luas yurisdiksi terdirin dari 16 Kecamatan 183 Desa dan 11 Kelurahan. Statistik perkara per 30 September 2020 sejumlah 2004 perkara. Statistik pegawai berjumlah 29 orang. Dengan rincian 4 orang Hakim, 17 Pegawai, 8 PPNPN.

Drs. H. Abdul Rahim, M.H. juga menyampaikan latar belakang Pembangunan Zona Integritas di Pengadilan Agama Jepara antara lain:

  • Banyak keluhan Masyarakat, terutama para pencari keadilan tentang buruknya pelayanan, tidak Inovatif cendrung bertele-tele.
  • Kurangnya informasi dan Transparansi terhadap hak-hak pencari keadilan. Umpamanya tentang informasi biaya perkara, berhak memperoleh bantuan hukum.
  • Kurangnya kesadaran sebagian aparatur akan kewajibannya sebagai Pelayan masyarakat. Disisi lain Masyarakat berharap mendapatkan pelayanan Cepat, sederhana, biaya ringan, Pelayanan bermutu dan Managemen Pelayanan yang Transparan. berdasarkan hal-hal tersebut Zona Integritas merupakan suatu kebutuhan.

Dalam proses Pembangunan Zona Integritas dilalui melalui lima tahapan
1. Pencanangan ZI.
2. Pembangunan ZI.
3. Pengusulan.
4. Reviu TPN.
5. Penetapan WBK.

Dalam Membangun Zona integritas ada terdapat 6 Faktor Pengungkit yang disebut Area.


  • Area Pertama, Manejemen Perubahan.

Pada Area ini yang sudah kami lakukan menyentuh pada 3 hal, antara lain;

- Menciptakan mekanisme kerja yang sistimatis dan Konsisten.

- Merobah Pola Pikir Pegawai.

- Merobah Budaya Kerja Pegawai.

Pimpinan selaku Rool Model Harus punya kemauan dan kemampuan untuk merubah pola pikir (mindset) dan budaya kerja (culturset) menuju kearah Peradilan yang modern dan bermartabat. Langkah kongkrit yang dilakukan oleh Pimpinan antara lain:

  1. Mengkampanyekan semangat Perobahan demi Pelayanan Prima di Pengadilan Agama Jepara dengan memasang Baliho Pembangunan Zona Integritas di halaman Pengadilan Agama Jepara , mengumumkan maklumat pelayanan di website, facebook dan Instagram.
  2. Meningkatkan kedisiplinan. Disiplin masuk kantor, disiplin apel pagi senin dan jumat sore serta setiap apel secara bersama mengucapkan 8 nilai-nilai utama Mahkamah Agung, disiplin dalam bekerja, disiplin pulang kerja.
  3. Melaksanakan rapat berkala. Membahas Pembangunan Zona Integritas per- area, Memberi arahan kepada setiap aparatur agar menumbuhkan semangat perubahan menuju pelayanan Prima dengan menerapkan 5 S dan 3 R.
  4. Melaksanakan DDTK.
  5. Melakukan Rapat Evaluasi.
  6. Pendampingan dan Pembelajaran terhadap Pengusaan Teknologi informasi untuk kemandirian pelaksanaan Tupoksi.

ZI PA JEPARA OK 9 007

ZI PA JEPARA OK 9 008

ZI PA JEPARA OK 9 009

ZI PA JEPARA OK 9 010


  • Area kedua, Penataan Tata laksana

Pada Area ini focus untuk meningkatkan efesiensi dan efektipitas sistem, peroses dan prosedur kerja dengan: 

  1. Mengimplementasikan Prosedur Tetap (SOP), Setiap aparatur bekerja sesuai dengan SOP.
  2. Mengimplementasikan E-office: Pada Pelayanan administrasi umum dan Keuangan ada Aplikasi GPP, SAS,SIMAK, SAIBA. Pada Kepegawaian ada Aplikasi SIKEP, ABS. Aplikasi Kepaniteraan ada SIPP, E-Court, E-Keuangan, E-Register.

ZI PA JEPARA OK 9 011

ZI PA JEPARA OK 9 012

ZI PA JEPARA OK 9 013

ZI PA JEPARA OK 9 014

ZI PA JEPARA OK 9 015


  • Area Ketiga, Penataan Sistem Manajemen SDM

Untuk meningkatkan Profesionalisme Aparatur, Pengadilan Agama Jepara langkah-langkah yang dilakukan adalah:

  1. Perncanaan terhadap kebutuhan Pegawai telah mengacu kepada peta jabatan dan analisis beban kerja.
  2. Implementasi Pengembangan Pegawai berbasis Kopetensi.
  3. Kebijakan Pola Mutasi Internal.
  4. Pengukuran Kinerja Pegawai 
  5. Penegakan Disiplin.
  6. Sistem Informasi Kepegawaian.

Pada Tahun 2019 Pengadilan Agama Jepara juga mendapat penghargaan terhadap atas kelengkapan data pada aplikasi E-Doc pada Bekap Sikep.

ZI PA JEPARA OK 9 016

ZI PA JEPARA OK 9 017

ZI PA JEPARA OK 9 018

ZI PA JEPARA OK 9 019

ZI PA JEPARA OK 9 020

ZI PA JEPARA OK 9 021


  • Area Keempat, Penguatan Akuntabilitas Kinerja.

Dalam rangka menumbuhkan Rasa tanggung jawab terhadap keberhasilan Program. Setelah pembangunan Zona Integritas Pimpinan serta seluruh Pegawai harus terlibat dalam Perencanaan kinerja, serta melakukan Monitoring dan evaluasi kinerja. Terlibat dalam Penyusunan IKU, Renstra, RKT, PKT dan LKJIP. Sebagaimana kita ketahui sebelum Pembangunan ZI Pimpinan tidak terlibat dalam penyusunan IKU, Renstra,RKT, PKT dan LKJIP.

ZI PA JEPARA OK 9 022

ZI PA JEPARA OK 9 023


  • Area Kelima, adalah Penguatan Pengawasan.

Pada area ini Pengawasan telah di terapkan dengan cara:

  1. Pengendalian gratifikasi. Dengan memasang Baliho anti korupsi , Memasang kamera Pengawas CCTV di beberapa titik ruang gedung PA Jepara terutama di area Pelayanan Publik seperti ruang PTSP dan ruang tunggu sidang, SSTV ini terintegrasi langsung ke Badilag, selain itu, Pengendalian gratifikasi juga dilakukan dengan pemutaran audio visual tentang pengendalian gratifikasi setiap 2 jam sekali, dan Ketua Majelis membacakan Maklumat tentang gratifikasi setiap kali persidangan akan di buka. Setiap rapat dan pembinaan internal , pimpinan selalu mengingatkan aparatur untuk menolak gratifikasi, tidak melakukan korupsi dan pungli dengan mewajibkan setiap pegawai untuk selalu memakai PIN.
  2. Penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). Hakim Pengawas bidang ditunjuk untuk melakukan Pengawasan Internal setiap bulan untuk memastikan bejalannya kinerja dengan baik.
  3. Pengaduan Masyarakat. Pimpinan turun langsung melakukan Monev pada Pelayanan, serta mensosialisasikan kepada masyarakat apabila terdapat pelanggaran yang dilakukan oleh Aparatur, masyarakat dapat melaporkan secara langsung di Meja Pengaduan yang berada pada Meja layanan PTSP, atau dengan kotak Pengaduan atau melalui system elektronik Seperti Siwas (Sistem Imformasi Pengawasan) serta membentuk tim pengelola Pengaduan, sampai saat ini belum ada pengaduan yang diterima oleh PA Jepara.
  4. Menerapkan Whistle Blowing System.
  5. Penanganan Benturan Kepentingan.

ZI PA JEPARA OK 9 024

ZI PA JEPARA OK 9 025

ZI PA JEPARA OK 9 026


  • Area Keenam, Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

Pada Area ini mengacu kepada: Standar Pelayanan, Budaya Pelayanan, Survey Kepuasan Masyarakat. Untuk lebih Jelasnya apa yang telah kami lakukan dalam Pembangunan Zona Integritas di Pengadilan Agama Jepara Kami akan paparkan Inovasi Pelayanan Publik seperti: Antrian Sidang secara Offline dan online, Layanan Informasi dan Pengaduan Via Aplikasi WA, Validasi Akta Cerai online, Anjungan gugatan Mandiri.

ZI PA JEPARA OK 9 027

ZI PA JEPARA OK 9 028

ZI PA JEPARA OK 9 029

ZI PA JEPARA OK 9 030 ZI PA JEPARA OK 9 031
ZI PA JEPARA OK 9 032 ZI PA JEPARA OK 9 033
ZI PA JEPARA OK 9 034 ZI PA JEPARA OK 9 035
ZI PA JEPARA OK 9 036 ZI PA JEPARA OK 9 037
ZI PA JEPARA OK 9 038 ZI PA JEPARA OK 9 039
ZI PA JEPARA OK 9 040 ZI PA JEPARA OK 9 041
ZI PA JEPARA OK 9 042 ZI PA JEPARA OK 9 043
   

Setelah selesai menyampaikan paparan, Tim Evaluator Kemenpan-RB langsung menanggapi dan memberi masukan perihal beberapa usaha dalam pembangunan Zona Integritas yang telah dilakukan. Tim Evaluator mengapresiasi usaha-usaha yang dilakukan Pengadilan Agama Jepara dalam pembangunan Zona Integritas, dan salah satu yang menarik perhatian besar bagi Tim Evaluator adalah Aplikasi Shima sebagai All In One Application yang dibuat dan dimiliki oleh Pengadilan Agama Jepara. Disampaikan oleh Tim Evaluator, nampaknya baru Pengadilan Agama Jepara yang memiliki Inovasi Shima sebagai All In One Application, dan oleh Tim Evaluator disarankan untuk memberikan ulasan mengenai profil dan sejarah lahirnya Aplikasi Shima.

Menurut Ahmad Mustaghfirin, S.H. (Admin IT Pengadilan Agama Jepara) sebagai pembuat dan pengembang Aplikasi Shima. Nama Shima sendiri diambil dari salah satu tokoh yang berasal dari Jepara, yakni Ratu Shima dan kebetulan Pengadilan Agama Jepara juga terletak dijalan Shima, dari situlah asal muasal pemberian nama Aplikasi Shima.

Aplikasi Shima pertama kali dirilis pada akhir tahun 2016 dimana saat itu hanya mengakomodir beberapa menu saja, diversi pertamanya yang paling dominan adalah untuk mempermudah jurusita dalam pembuatan dokumen relaas yang terintegrasi dengan database SIPP. Seiring dengan berjalannya waktu, aplikasi shima ini terus dikembangkan dan versi terupdate saat ini adalah versi 7.1 dimana didalam aplikasi shima ini terdapat menu-menu yang lebih kompleks, seperti menu: Dokumen perkara, Rekapitulasi perkara, Kontrol perkara, Monitoring dokumen, Informasi dan pengaduan, Antrian sidang online dan offline, Tata persuratan, TV media, Survey kepuasan pelanggan, Helpdesk info perkara, dan masih banyak yang lainnya.

Untuk saat ini masih dalam progress pengembangan update aplikasi shima versi 7.2 dengan UI/tampilan baru serta penambahan fitur untuk mempermudah para pihak dalam mendapatkan informasi perkaranya dan pegawai Pengadilan Agama Jepara dalam membuat dokumen yang berkaitan dengan keperkaraan.

P1010363

Alhamdulillah presentasi pembangunan Zona Integritas berjalan lancar dalam kegiatan Desk Evaluasi oleh Kemenpan-RB ini. Acara selesai pada pukul 10.00 WIB, dan segenap Keluarga Besar Pengadilan Agama Jepara berharap tahapan-tahapan kegiatan Pembangunan Zona Integritas ini dapat berjalan sesuai harapan sehingga mencapai predikat WBK.

Add comment


Security code
Refresh

Peta Lokasi Pengadilan Agama Jepara

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Jepara

Jl. Shima No. 18 Pengkol Jepara.

Telp: 0291-593200 
Fax: 0291-591047

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi