Banner ZI PA Jepara

on . Hits: 14

Senin, 17 Agustus 2020 bangsa Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan yang ke-75. Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 tahun ini mengusung tema Indonesia Maju dengan logo Bangga Buatan Indonesia. Pemilihan tema "Indonesia Maju" memiliki arti yaitu untuk merepresentasikan Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Hal ini terlihat dari gambar 75 pada tema Indonesia Maju yang terinspirasi dari dari simbol perisai di dalam lambang Garuda Pancasila. Selain itu, juga memuat arti dari kesetaraan dan pertumbuhan ekonomi untuk rakyat Indonesia, dan progres nyata dalam bekerja untuk mempersembahkan hasil yang terbaik kepada semua rakyat Indonesia. Sementara arti dari logo “Bangga Buatan Indonesia” sebagai upaya menumbuhkan kecintaan warga negara Indonesia terhadap produk lokal atau buatan dalam negeri.

P1000425

Pada tahun ini peringatan HUT RI ke 75 masih dalam suasana masa pandemi covid 19, oleh karena itu Pengadilan Agama Jepara dalam melaksanakan peringatan HUT RI juga berpedoman dengan surat edaran Sekretaris Mahkamah Agung RI.

P1000431

Upacara HUT RI yang diadakan oleh Pengadilan Agama Jepara dilaksanakan dengan tetap memperhatikan standar protokol kesehatan covid, menjaga jarak & memakai masker. Acara yang dilaksanakan dengan hikmat tersebut yang dimulai pada pukul 07.30 tersebut berjalan dengan lancar dengan pembina upacara Ali Imron, S.H. Sekretaris Pengadilan Agama Jepara. Dalam amanatnya Pembina upacara membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah yang mengajak seluruh masyarakat Jawa Tengah untuk meneladani Mbah PADMO, seorang kakek 70 tahun yang tinggal di dusun terpencil di lereng Gunung Merapi. “Urip kui senajan abot tetep kudu dilakoni. Ojo sambat lan ojo ngeluh. Ojo mandeg senajan dengkul wis ndhredheg”. Spirit dari Mbah Padmo untuk jangan mengeluh itu yang harus terus ada di dada kita. Menengok sanubari dan menakar kadar cinta kepada negeri. Tidak dari seberapa penting posisi atau tenarnya nama kita. Wejangan dari Mbah Padmo ini dibacakan juga di seluruh pelosok Jawa Tengah sebagai tema HUT RI ke-75.

Demikian pesan moral yang disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah kepada seluruh masyarakat Jawa Tengah untuk tidak mengeluh di masa pandemi ini. Meskipun tahun ini perayaan HUT RI ke-75 digelar di tengah pandemi Covid-19, tetapi tak mengurangi semangatnya dalam merayakan hari Kemerdekaan ini.

Add comment


Security code
Refresh